Noltime.com Pengalaman ini saya dapatkan dari seseorang di internet juga dan ingin saya share ke teman teman…dalam menghitung error compass, banyak Officer maupun cadet yang sibuk terlebih dahulu dengan membayangkan perhitungan yang begitu rumit sebelum ia benar – benar melaksakan nya. Maka alhasil “malas” dan “banyak pekerjaan” sehingga tidak sempat mengambil error kompas begitu alasan nya.
Maka ada baik nya anda fokuskan pikiran anda hanya pada dua hal saja yaitu :
Compass Azimuth dan True Azimuth
Compass Azimut, anda tidak perlu menghitung untuk mendapatkannya tetapi melakukan pembaringan langsung terhadap matahari. Sedangkan..
True Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar Ilmu Pelayaran atau juga Norie`s Nautical Tables.
Setelah anda melakukan kedua hal itu, maka error compas pun dapat di ketahui.
Mari kita memulai pelaksanaan dengan:
STEP I. Compass Azimuth.
Untuk mengetahui Compass Azimuth maka kita di haruskan melakukan baringan terhadap matahari langsung dengan tahap – tahap sebagai berikut:
Di atas kapal kita harus mempunyai alat2 seperti Gyro Compass, Standard Compass, dan Repeater. Dan kemudian kita juga ada alat yang nama nya Azimuth Mirror dan Chronometer / alat penunjuk waktu tersedia di atas kapal. kalo gk ada Chronometer bisa menggunakan jam yg ada di GPS. Jam nya itu terupdate dari satelit jadi akurat.
Setelah semua nya ada di atas kapal perhatikan lagi karena kita nanti juga akan menghitung True Azimuth untuk waktu yang sama dimana anda mengambil compass azimuth tersebut maka persiapkan juga Nautical Almanac, Daftar Ilmu Pelayaran, atau Norie`s Nautical Tables suda stand by untuk di gunakan.
Setelah itu kita akan memulai pengambilan baringan atau Gyro bearing matahari tetapi sesaat sebelum atau sesaat setelah pengambilan baringan, perikasa dulu penunjukan haluan standard compass, gyro compass atau master gyro (yang adanya sedikit tersembunyi bisa anda cari di sekitar kemudi itu ada lubang kecil lalu intip). Kemudian cek juga steering, dan Center Repeater, Starboard and Port Repeater. Suda, lalu catat penunjukan haluan masing2 dan juga perbedaan satu sama lain bila ada. Atau apabila perbedaan nya cukup besar misal nya lebih dari 5° maka perluh di adjust repeater paling tidak lebih mendekati sama dengan penunjukan master gyro atau lebih kurang dari 3° boleh lah untuk Master Gyro dan Repeater. Bukan magnetic kompas (standar kompas) mengapa? Karena gk mungkin kan anda adjust master gyro disamain dengan magnetic compass atau Standar kompas??
Selanjutnya silahkan menghampiri salah satu repeater entah itu yang center repeater atau starboard dan port repeater yang mana menurut anda leluasa tidak terhalang bagian2 anjungan kapal bila saat pengambilan baringan.
Letakanlah azimut mirror pada bagian atas repeater. Pastikan circular plate azimut mirror masuk benar pada bundaran repeater. Kalo masih belum pas anda coba sedikit di tekan sampai benar masuk dan bisa di geser / putar tidak lengket atau terasa berat.
Arahkan reflecting glass (macam kaca pemantul) azimuth mirror ke arah matahari ( paling baik matahari sekitar jam 4 sore sampai jam 5 sore atau jam 6 bahkan mendekati sunset kalo langit cerah sehingga nampak jelas matahari, sebalik nya juga di pagi hari dengan tinggi matahari tidak terlalu tinggi tetapi jelas dan bersinar terang ) kemudian adjust dengan mengerakan reflecting glass tersebut dari atas ke bawa sampai pantulan matahari tepat di kaca yang lain pada piringan Azimut mirror tsbt. Sesuaikanlah dengan ayunan oleng kapal ke kiri dan kanan. Tahanlah pada bidang datar dengan kelincahan mata anda melihat titik tengah dari pengukuran spirit level (macam water pass) pada azimut mirror tsbt. Sehingga pada mark disk atau mawar compass repeater anda akan mendapati seberkas sinar tepat seperti garis cahaya mengenai titik-titik derajat pada mawar repeater. Pada saat yang tepat pula bacalah penunjukannya… Lalu catat. (catat menunjukan berapa derajat)
Dengan waktu yang hampir bersamaan juga, bacalah penunjukan jam. Catatlah dalam detik-menit-dan jam. Dan tentu juga tanggal hari itu. ( langsung aja dlm jam GMT)
Catat juga posisi GPS anda Lintang dan Bujur saat tersebut.
Informasi atau data tersebut bisa anda catat dengan urutan dan format pada sebuah buku catatan/cakaran perhitungan Error kompas seperti ini:
Date : 23 – JUL- 2010
Time : 09h 36m 40s UTC (utc atau GMT sama saja maksud nya)
Position : Lat: 02° 31.20′ N Long: 101° 30.00′ E (Malacca Strait)
Compass Azimuth : 291° ( Port Repeater)
Course, Gyro: 128° Standard: 130° Steering: 128°
Gambar STEP I. Compass Azimuth
Anda telah menyelesaikan STEP I. Compass Azimuth, perhatikan baik2 setelah anda menyelesaikan tahap ini berarti anda telah menyelesaikan 1 tugas di antara 2 tugas utama sebagai sumber informen untuk mengungkap error compass. Seperti yang suda saya katakan hanya ada dua poin utama tugas anda untuk menyelesaikan perhitungan Error Compass yaitu Compass Azimuth, True Azimuth.
Maka Step berikutnya, kita masuk pada ulasan menyelesaikan True Azimuth atau bisa kita sebut:
STEP II. True Azimuth
True Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar Ilmu Pelayaran atau Norie`s Nautical Tables atau calculator menggunakan formula / rumus.
Pada STEP II. True Azimuth ini,
Perlu pahami bahwa True Azimuth bisa anda dapat apabila ada 3 macam hal lain terlebih dahulu sudah anda ketahui.
3 hal yang saya maksudkan adalah: LHA matahari, Lintang anda, dan Declinasi matahari. Itu saja tiga poin tersebut apabila anda telah ketahui maka kita bisa mendapakan True Azimuth.
Penjelasan singkat:
LHA matahari di dapat dari Nautical Almanac dengan sedikit perhitungan kecil tidak ada nories nautical tables atau tabel apa pun di butuhkan disini. Murni hanya nautical almanac.
Posisi Lintang Observasi di dapat dari posisi GPS kapal anda.
Declination di dapat dari Nautical Almanac dengan tambahan sedikit koreksi. ini juga tidak di butuhkan nories table.
Nah dari 3 poin tersebut di atas yang sudah anda ketahui tentu adalah poin nomor 2 “Posisi Lintang Observasi” ( karena anda langsung nyontek dari GPS kapal )
Tetapi poin no.1 dan 3 belum anda ketahui. Betul ?
Jadi mari kita pelajari tentang LHA
MENGHITUNG LHA MATAHARI DAN DECLINATION
Apa sih L.H.A itu? … pertanyaan timbul di benak anda. Kalo kita baca kepanjangan L.H.A di dalam buku tentu adalah Local Hour Angle.
Secara gamblang artinya sudut local jam matahari. Local artinya posisi di Bujur mana di bumi ini anda mengadakan pengamatan terhadap sebuah object benda angkasa. Jadi sudut Local artinya sudut dari posisi Bujur anda sendiri yang melakukan pengamatan terhadap benda angkasa tersebut. Contoh anda silahkan berdiri di tempat terbuka menghadap lah ke utara, kemudian sekarang letak matahari ada di mana?? ok.. matahari di sebelah kanan anda atau di timur. Rupanya masih pagi hari baru terbit matahari nya. Berarti sudut lokal nya kira-kira 270°. Kemudian matahari perlahan – lahan bergerak trus ke atas (begerak ke barat) maka itu sama artinya sudut lokal matahari akan bergerak trus naik dari 270° 271° 272° 273° 274° 275° 276° 277° 278° 279°…. dan seterus nya hingga 360° atau 000° berarti matahari berada tepat tegak lurus di atas kepala anda. Kemudian matahari akan bergerak perlahan terus ke barat maka sudut lokal nya akan begerak turun seperti ini 358° 359° 360° 001° 002° 003°…. dan seterus sampai ke 090° matahari mulai tenggelam di keremangan langit barat waktu nya mulai memasuki malam hari.
Jadi logika nya seperti itu. Setelah anda memahami itu maka akan lebih mudah men-definisikan apa itu L.H.A. Saya mundur sedikit kebelakang menengok istilah yang lain yaitu GHA.
Jadi G.H.A sama artinya juga dengan simulasi untuk LHA tadi. Beda nya, pengamat itu ada nya di Greenwicth sebuah tempat di ingris sebagai tempat permulaan patokan perhitungan Astronomi. Karena di Greenwicht maka di sebutlah GHA ( Greenwicht Hour Angle) dan GHA ini sudah di hitung oleh para ahli astronomi dan di cetak dalam buku yang di sebut Nautical Almanac untuk memenuhi kebutuhan para pelaut atau para Ahli Nautika Tingkat.. ANT.1,2,3,4,5.
Nah kalo begitu, jika kita sudah di beritahu GHA matahari dalam Nautical Almanac pada setiap detik,menit, jam, dan hari selama 365 hari dalam satu tahun kalender, maka beban seorang mualim sudah ringan dalam upaya untuk mendapatkan true azimuth. Anda hanya di mintah untuk mengkonversi G.H.A ke local, posisi bujur dimana anda melakukan pengamatan dan hasil nya anda sebut L.H.A
Jadi apa lagi yang kawan pikirkan sekarang kalo suda di ketahui Greenwicht Hour Angle. Untuk mendapakan LHA (Local Hour Angle) bagaimana?
Maka definisi ku LHA itu adalah penjumlahan GHA + Bujur pengamat. itu saja hasil nya di sebut L.H.A
Tetapi tentu pelaksanaan penjumlahan nya mengikuti sebuah prosedur. Seperti contoh ku di bawa ini.
Anda perlu melihat beberapa data waktu pelaksanaan STEP.I Compass Azimuth beberapa data disana kita butuhkan.
Date : 23 – JUL- 2010
Time : 09h 36m 40s UTC (utc atau GMT sama saja maksud nya)
Position : Lat: 02° 31.20′ N Long: 101° 30.00′ E (
Lihat gambar
Penjelasan:
Kolom Daily Page:
Buka di Nautical Almanac pada bulan July 2010 23d 09h pada kolom SUN, Lihat Gambar Daily GHA & Dec Sun. ( disana anda temukan 313° 22.6′ ) betul ? lalu di catat.
kemudian, pada row tersebut ke arah kanan akan anda temukan 20° 03.6 N, betul ? ini lah yang di sebut deklinasi. catat.
Pada tahap ini juga sekalian di lihat perubahan deklinasi per/jam di paling bawa sekali dari halaman almanak, akan anda temukan (d 0.5) betul? dicatat.
Gambar untuk LHA dan declinasi
Nah sekarang
Increments dan d correction
Increments dan d correction
Sekarang, anda harus berpindah halaman pada nautical almanac, cari di halaman pertengahan hingga akhir buku akan anda temukan bagian dengan judul INCREMENTS AND CORRECTIONS. Lihat Gambar.
Lihat pada Menit 36` dan detik ke 40` anda akan temukan 9° 10.0′ betul ? catat. kemudian pada halaman tersebut juga lihat pada kolom d corr, lihat pada nilai d 0.5 pada row tersebut ke arah kanan akan anda dapati 0.3 betul? inilah nilai koreksi deklinasi, catat.
Sum GHA and Dec For July 2010 23days 09hours 36minutes 40second
Pada kolom ini, anda sudah mendapat GHA yaitu 322° 32.6′maka untuk mendapatkan L.H.A adalah tambahkan lah Bujur anda 101° 30.00′ E
Pada bagan tersebut di atas saya beri (+) ini karena Bujur East. Tapi, apabila Bujur anda adalah West maka, harus di beri (-) maka apabilah di jumlahkan maka hasil seperti bagan saya di atas LHA = 424° 02.6′ betul? sampai disini belum selesai karena, (dikatakan selesai apabila LHA anda di antara 000° – 360°)
LHA yang kita dapat lebih dari 360°, maka kita kurang 360°
Atau dengan kepanjangan ilustrasi kita harus jumlahkan dengan 360° juga. Tapi, tanda nya (-) karena bujur kita di East.
Dan apabila anda berada di bujur West anda mungkin tidak mengalami LHA lebih dari 360°, tetapi anda mungkin mengalami minus hasil dari (GHA-Bujur) maka,
tentu anda harus jumlahkan 360°
Atau dengan kepanjangan ilustrasi kita harus jumlahkan dengan 360° juga, dan tanda nya tentulah (+) karena bujur kita di West memperjelas penulisan saya akan (-)360°
Ok, maka selanjut nya seperti ini
Ok, maka selanjut nya seperti ini
L.H.A = 424° 02.6′
Multiples of 360 = (-) 360°
L.H.A = 64° 02.6′
nah sampai disini baru selesai perhitungan LHA.
Maka hasil perhitungan LHA dan Deklinasi, kemudian Lintang di dapat dari GPS adalah seperti ini:
L.H.A = 64° 02.6′ ( dibulatkan jadi 64° saja)
Latitude = 02° 31.20′ N ( dibulatkan jadi 03° )
Declination = 20° 03.3′ N ( dibulatkan jadi 20° )
Ketiga pentolan inilah yang saya sebut kunci untuk mendapatkan True Azimut Matahari baik menggunakan calculator degan rumus anda masing2, atau menggunakan “Nories Nautical Tables” atau pun “DIP” Daftar Ilmu Pelayaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar